Cara menginstal XAMPP Joomla

 on Monday  

Perlu Anda ketahui dahulu, bahwa Joomla! diciptakan dengan menggunakan bahasa scripting PHP dan database MySQL. Selain kedua hal tersebut, webserver juga diperlukan untuk membuat suatu website. Jika Anda ingin melakukan instalasi Joomla!, pastikan ketiga hal tersebut haruslah ada. Jika Anda menggunakan jasa hosting dalam instalasi Joomla!, biasanya ketiga hal tersebut sudah tersedia otomatis. Yang menjadi masalah adalah, jika Anda ingin instalasi Joomla! manual atau secara local di komputer Anda, maka ketiga aplikasi tersebut wajib anda install terlebih dahulu di komputer Anda.

Jika Anda harus menginstal ketiga aplikasi tersebut, pastinya akan menjadi sulit bagi Anda jika harus menginstalnya satu per satu. Namun, sekarang ini telah tersedia paket aplikasi yang menyediakan ketiga aplikasi tersebut di dalamnya, seperti XAMPP dan WAMP5 server.

Dalam pelajaran Joomla! kali ini, saya menggunakan aplikasi XAMPP dalam instalasi Joomla!. Berikut langkah-langkah dalam instalasi XAMPP.

  1. Download file XAMPP terlebih dahulu dan simpan dalam directory komputer Anda.
  2. Buka directory file XAMPP yang telah anda simpan tersebut.
  3. Ekstrak file XAMPP tersebut pada komputer anda, misalnya c:\xampp.
  4. Jika Anda telah ekstrak file XAMPP tersebut, buka directory XAMPP tersebut.
  5. Jalankan setup_xampp (untuk pertama kali instalasi).
  6. Jalankan apache_start kemudian mysql_start.
  7. Jalankan browser Anda, misalnya Mozilla Firefox. Ketik http://localhost pada address bar.
  8. Selesai.
Anda dapat membaca panduan untuk install dan uninstall pada file readme_en di dalam folder XAMPP yang telah Anda ekstrak.

Cara menginstal XAMPP Joomla 4.5 5 Irfan Zack Monday Perlu Anda ketahui dahulu, bahwa Joomla! diciptakan dengan menggunakan bahasa scripting PHP dan database MySQL. Selain kedua hal tersebut, ...


No comments:

Post a Comment

J-Theme